• Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam | Website Resmi Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam UNIMUDA Sorong

Kurikulum

Kurikulum
  • Rabu, 12 Februari 2020 | 11:01 am
  • Operator Website

Struktur Kurikulum

Struktur Kurikulum yang diterapkan di Program Studi Pendidikan IPA sesuai SK Mendiknas No. 232/U/2000 Tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Dan Penilaian Hasil Belajar.

Program   studi   Pendidikan   IPA   diberikan   ijin   operasional   pada Novemver   2015 namun baru menerima mahasiswa serta melaksanakan proses  pembelajaran pada  tahun  berikutnya  yaitu  Agustus  2016.  Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan bersama Program Studi Pendidikan IPA mendatangkan narasumber yang berkompeten dibidang pendampingan kurikulum untuk workshop tinjauan kurikulum, implementasi, dan pengembangan  kurikulum.Penyusunan  kurikulum  kembali  merujuk  kepada visi-misi institusi dan Program Studi Pendidikan IPA dengan KKNI.

Penyusunan isi kurikulum Program studi Pendidikan IPA dilaksanakan dengan prosedur yang logis, proporsional dan konsisten dari struktur kurikulum.Sebelumnyapenyusunan kurikulum dilaksanakan, terlebih dahulu dilakukanpengkajian visi, misi prodi, profil lulusan, capaian pembelajaran, dan matakuliah. Susunan terstruktur dan diagram kurikulum menunjukan matakuliah persyaratan yang lengkap dan konsisten.

 

Tabel 1

 

Struktur dan isi kurikulum

 

Jenis Mata Kuliah

Sks

Keterangan

(1)

(2)

(3)

Mata Kuliah Wajib

138

 

Mata Kuliah Pilihan

9

Mata kuliah pilihan yang tersedia 20

sks. Mahasiswa wajib memilih minimal sebanyak 9 sks.

Jumlah Total

147

 

Top