• Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam | Website Resmi Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam UNIMUDA Sorong

Pengertian Data dan Materi Dalam Kuliah Statistik Pendidikan

Pengertian Data dan Materi Dalam Kuliah Statistik Pendidikan

Pengertian Data

Salah satu materi statistik pendidikan adalah tentang data. Kata “data” berasal dari bahasa Latin yang berarti keterangan atau kumpulan keterangan. Data adalah kata dalam bentuk jamak, sedangkan dalam bentuk tunggal adalah datum. Data dapat diartikan sebagai sesuatu yang diketahui atau yang dianggap (anggapan). Kata “data” berasal dari bahasa Latin yang berarti keterangan atau kumpulan keterangan. Data adalah kata dalam bentuk jamak, sedangkan dalam bentuk tunggal adalah datum. Data dapat diartikan sebagai sesuatu yang diketahui atau yang dianggap (anggapan). 

Data kuantitatif dan Data kualitatif

Data kuantitatif adalah data dalam bentuk angka sebagai hasil pengamatan atau pengukuran yang dapat dihitung dan diukur. Misalnya data tentang berat badan, harga barang-barang, yang dapat diukur dan dinyatakan dalam bentuk angka. Fatur beratnya 30 kg, Annisa tingginya 120 cm, sepatu itu harganya Rp. 75.000, Salsa dapat menyelesaikan tugas itu dalam waktu 1 jam. Data kualitatif yaitu data yang berhubungan dengan kategorisasi, karakteristik yang berwujud pernyataan atau berupa kata-kata. Misalnya baik-buruk, senang-sedih, harga minyak naik, rumah itu besar, pohon itu rindang, laut itu dalam dan sebagainya.

Penyajian Data

Salah satu tugas statistik adalah menyusun data mentah dan menyajikannya dengan cara yang teratur, ringkas dan mudah dimengerti. Untuk itu statistik mempersiapkan dua bentuk penyajian data:

1. Tabel

Tabel adalah alat penyajian data angka dalam bentuk baris-baris dan kolom-kolom. Data angka yang dikumpulkan disusun dan didistribusikan ke dalam baris-baris dan kolom-kolom menurut klasifikasi datanya. Misalnya, jumlah pegawai diklasifikasikan menurut jenis kelamin, umur dan pendidikan. Jumlah penduduk diklasifikasikan menurut suku dan agama.

2. Grafik

Grafik tidak lain adalah alat penyajian data yang tertuang dalam bentuk lukisan, baik lukisan garis, gambar maupun lambang. Jadi, dalam penyajian data angka melalui grafik, angka itu disajikan dalam bentuk lukisan garis, gambar, atau lambang tertentu. Dengan kata lain, data angka divisualisasikan.

Top