• Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam | Website Resmi Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam UNIMUDA Sorong

Mahasiswa Kelas Astronomi Pendidkan IPA FKIP UNIMUDA Melakukan Pengamatan Gerhana

Mahasiswa Kelas Astronomi Pendidkan IPA FKIP UNIMUDA Melakukan Pengamatan Gerhana

Pendidikan IPA FKIP UNIMUDA Sorong. Hari ini tanggal 21 Juni 2020 sejumlah wilayah di Indonesia akan melihat fenomena Gerhana Matahari Sebagian pada siang hari menjelang petang. Menyambut Fenomena Alam ini Program Studi Pendidikan IPA melakukan pengamatan bersama dengan Mahasiswa Kelas Astronomi dengan Dosen Pengampu sekaligus Sekretaris Program Studi Pendidikan IPA Mustika Irianti, M.Pd.
 
Pada kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Program Studi Pendidikan IPA Abdul Rachman Tiro, M.Pd. dan Dosen Pendidikan IPA sekaligus menjabat sebagai Sekretaris HUMAS UNIMUDA Sorong Endra Putra Raharja, M.Pd. bersama dosen pengampu dan Mahasiswa kelas Astronomi melakukan pengamatan Gerhana Matahari Sebagian di Gedung Perkuliahan FKIP UNIMUDA Sorong mulai pukul 13.00-18.00 WIT. Tim juga melakukan workshop pembuatan pinhole kepada Mahasiswa.
 
Pada kesempatan emas ini Dosen Pendidikan IPA Mustika Irianti, M.Pd. dan Endra Putra Raharja, M.Pd. dengan Konsentrasi bidang keilmuan Pendidikan Fisika ini dengan cekatan membuat berbagai penelitian tentang gerhana, seperti pengukuran percepatan gravitasi dengan video analisis tracker, pengukuran intensitas cahaya matahari dengan sensor cahaya smartphone, pengukuran suhu udara dengan Arduino dan sensor LM35, serta penelitian outreach activity.
 
 
 
 

Top