• Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam | Website Resmi Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam UNIMUDA Sorong

Ketua Program Studi IPA Mengikuti MUNAS dan Seminar Nasional Perkumpulan Pendidik IPA Indonesia (PPII) di Bogor

Ketua Program Studi IPA Mengikuti MUNAS dan Seminar Nasional Perkumpulan Pendidik IPA Indonesia (PPII) di Bogor

Pendidikan IPA FKIP: Perkumpulan Pendidik IPA Indonesia (PPII) Menyelenggarakan Musyawarah Nasional dan Seminar Nasional di Universitas Pakuan Bogor.

Musyawarah Nasional ini diselengggarakan selama dua hari, yaitu: sabtu 16 sampai minggu 17 November 2019 di adakan Musyawarah Nasional Pengurus PPII yang hadir dari berbagai Universitas di Indonesia, di antaranya Universitas Pakuan Bogor, Universitas Jember, Universitas Negeri Semarang, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Solo, Universitas Syiah Kuala dan Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

Ketua Program Studi Pendidikan IPA FKIP Abdul Rachman Tiro, M.Pd. menyampaikan bahwa ini merupakan suatu kehormatan bisa bertemu dengan sesama ketua program studi pendidikan IPA di Seluruh Indonesia sehingga bisa menjalin kerjasama dan menyamakan presepsi mengenai kurikulum S1 Pendidikan IPA Serta menambah wawasan kajian sains. 

Foto 1. Program Studi Pendidikan IPA (Batik Merah) Bersama Ketua Umum PPII (Jilbab Pink)

Musyawarah Nasional Pendidkan IPA Menghasilkan pembentukan kepengurusan periode 2019-2024 dengan terpilihnya Prof. Dr. Hj. Anna Permanasari tetap terpilih kembali sebagai Ketua Umum. Beliau menyampaikan bahwa untuk Periode ke dua program kerja akan difokuskan upaya peningkatan kapasitas anggota, baik guru maupun dosen serta mahasiswa dan bersinergi dengan pemerintah dalam memajukan kualitas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam di Indonesia.

Foto 2. Pengurus Pusat PPII Periode 2019-2024

Seminar Nasional ini mengangkat Tema tentang "Tantangan Pendidikan IPA di Era Revolusi Industri 4.0" yang di hadiri Rektor Universitas Pakuan Pro.Dr. H. Bibin Rubini M.Pd beserta jajarannya, dan Ketua Yayasan Pakuan Siliwang, Nara sumber Seminar dari Direktorat Jendral Belmawa Kemendikbud Prof. Dr. Ismunandar dan Direktorat Jendral GTK Prof.Dr. Supriano, M.Pd.  mentyampaikan bahwa: Tantangan Era Revolusi 4.0 memberikan semangat keprofesian IPA tentang bagaimana peran guru di bidang Pendidikan IPA yang terus kita tingkatkan berbagai inovasi sesuatu yang bisa dimanfaatkan komersialnya, Peranan yang lebih penting dalam jalur Pendidikan yaitu fokus pada proses bagaimana guru dapat mendidik belajar mandiri dan dapat membuat inovasi melalui belajar berpikir kritis, sehingga keinginan peserta didik menyukai dan memiliki minat belajar IPA sehingga peserta didik bisa menggunakan pendekatan saintific dalam setia tindakannya. *Art* 

 

Top