• Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam | Website Resmi Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam UNIMUDA Sorong

Apa Itu Muatan Listrik dan Manet Dipol

Apa Itu Muatan Listrik dan Manet Dipol

Muatan listrik adalah sifat atau muatan dasar yang dibawa oleh partikel yang menghasilkan kutub positif dan negative sehingga partikel tersebut mengalami gaya tari-menarik/tolak menolak. Muatan magnet adalah sifat atau muatan dasar yang dibawa oleh partikel yang menghasilkan kutub utara dan selatan (mengandung dipol magnet) sehingga partikel tersebut mengalami gaya tari-menarik/tolak menolak.

Magnet dipol adalah magnet di mana kutub yang berlawanan (yaitu kutub Utara dan Selatan) berada di sisi berlawanan dari magnet hubungan muatan magnet dan kumpulan medan magnet adalah kutub yang berbeda jika didekatkan akan tarik-menarik begitupun sebaliknya. Jika muatan listrik dikenai medannya sendiri makan alan terjadi gaya listrik. Dalam kelistrikan, arus listrik pada muatan bergerak akan menghasilkan induksi magnet dan potensial vector.

Hukum coulomb: Jika 2 muatan searah tolak-menolak (sejenis) atau tarik menarik dgn gaya yg sebanding dgn besarnya kedua muatan itu dan berbanding terbalik dgn kuadrat jarak diantara kedua muatan itu. Sebuah muatan menimbulkan medan listrik disekitarnya yang akibatnya dirasakan muatan lain, selain dirinya sendiri.Konsep medan listrik berdiri sendiri, tidak bergantung pada konsep gaya.

 

Top